Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ditulis tanggal 31 Juli 2017 dalam kategori Alam & Lingkungan, Kesehatan

Menurunkan berat badan sangat mudah, asalkan kita mengetahui kuncinya dan menerapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Berat badan ideal akan tercapai apabila kalori yang masuk sama dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Sedangkan untuk menurunkan berat badan kita harus mengkonsumsi kalori lebih sedikit dan melakukan aktivitas pembakaran kalori lebih banyak. Lalu bagaimanakah cara menurunkan berat badan secara alami?

Untuk menurunkan berat badan kita kenali dulu penyebab berat badan naik. Penyebab berat badan naik:

Stres

Stres akan membuat tubuh mengeluarkan hormon kartisol yang tidak terkontrol sehingga nafsu makan akan meningkat.

Usia

Pada usia 40 tahun keatas pembakaran kalori dalam tubuh kian berkurang karena aktifitas tubuh tidak seperti dulu lagi. Kondisi ini tubuh akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat apalagi mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

Terlalu banyak konsumsi gula

Di Indonesia banyak ditemukan pasien penderita obesitas atau kegemukan karena terlalu banyak makanan yang didalamnya mengandung gula.

Kondisi medis

Kekurangan hormon tiroid dikenal dengan hipoteriodisme yaitu suatu kondisi umum yang mengarah pada bertambahnya berat badan.

Obat-obatan.

Obat-obatan bisa bikin gemuk apabila dikonsumsi terus menerus. Contohnya obat hipertensi, obat sakit kepala, obat diabetes dan macam-macam obat lainya.

Berikut makanan yang membuat hidup lebih sehat dan ideal:

Mengkonsumsi coklat

Antioksidan yang terkandung dalam coklat panas akan mengikis lemak didalam tubuh sehingga berat badan berlebih dan perut buncit dapat dihilangkan.

Mengkonsumsi sayur sup

Karena didalam sayur sup banyak terkandung zat-zat yang dapat mengikis lemak didalam tubuh, air kuah sup akan membuat perut lebih kenyang sehingga berat badan lebih terjaga.

Telur dan sosis

Didalam telur dan sosis banyak kandungan protein yang membuat perut terasa kenyang saat mengkonsumsinya.

Kacang-kacangan

Salah satu kacang-kacangan yang dapat menurunkan berat badan adalah kacang almond. Dengan mengkonsumsi kacang almond perut akan terasa penuh sehingga perut terasa kenyang dan makan hanya sedikit saja.

Apel

Dalam buah apel terkandung serat yang tinggi dan kandungan antioksidan yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Untuk menurunkan berat badan baik dikonsumsi setiap hari.

Kopi

Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda dan berkat dosis yang sehat dari asam klorogenat antioksiden (CGA). Asam ini akan membakar timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu senyawa kimia yang terdapat di kopi akan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah dan menurunkan resistensi insulin yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan.

Menurunkan berat badan dengan olah raga:

  • Berenang
  • Sit up
  • Push Up
  • Berjalan cepat
  • Lari

Tips lainnya:

  1. Konsumsi air kelapa
  2. Hindari makanan siap saji
  3. Mengubah makanan berkalori dengan air mineral
  4. Kurangi porsi makan
  5. Konsumsi minuman yang dapat menurunkan berat badan.

 

Sumber