terjadinya petir

IlmuPengetahuan.OrgBagimana proses terjadinya Petir? Petir atau disebut kilat atau juga bisa disebut halilintar merupakan fenomena alam yang umumnya terjadi pada saat musim penghujan, yang diawali dengan kilatan cahaya. Sesaat kemudian akan terdengar suara menggemuruh yang disebut dengan guntur atau gluduk dalam bahasa Jawa. Kenapa terlihat cahaya dulu, baru kemudian terdengar suara? Ini terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya.

proses terjadinya petirUntuk pemahaman yang lebih mudah, kita memakai analogi sebuah kapasitor besar, yang dimana lempengan pertama yaitu awan, lempengan ini bisa negatif ataupun positif dan lempengan kedua yaitu bumi yang mempunyai sifat netral. Seperti yang sudah kita ketahui, kapasitor merupakan sebuah elemen negatif di dalam hubungan listrik yang dapat menyimpan daya sejenak atau bisa disebut energy storage. Seperti juga petir, dimana terdapat awan yang bermuatan negatif dan positif.

 

Proses terjadinya muatan di dalam awan, karena awan berjalan secara teratur, dan selama perjalanannya dia akan berhubungan dengan awan-awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi, entah itu di atas atau di bawah. Sedangkan muatan positif berkumpul di sisi lainnya. Apabila perbedaan potensial diantara awan dan bumi besar, akan mengakibatkan terjadinya pemgbuangan muatan negatif atau disebut elektron. Dalam proses pembuangan ini, udara merupakan media yang akan dilalui elektron. Apabila pada saat muatan elektron dapat menembus batas isolasi udara inilah menjadikan suara ledakan atau guntur. Kenapa Petir lebih sering terjadi di musim penghujan? Karena pada saat musim penghujan, udara mengandung lebih banyak kadar air yang tinggi, yang mengakibatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih gampang melewati.

Video Terjadinya Petir

60 Responses to Terjadinya Petir

  1. riza says:

    Salam,
    Pak, gmn cara pasang iklan banner?
    Riza, 0857 4194 1815

    solusi bau mulut dan masalah berat badan

    • Ipan says:

      Maksutnya, cara pasang iklan banner? Anda mau memasang banner iklan produk Anda di website ini atau menanyakan cara memasang iklan banner di website Anda sendiri?

  2. ululf01 says:

    Terimakasih pak penjelasan dalam artikelnya

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

  3. risa ramadhan says:

    apa bnar low petir mngandung nitrogen…..?? ko bisa…?? bsa anda jelaskan,,,,,?? terimakasih

    • Ipan says:

      Nitrogen?? Maksudnya?? Mungkin yang Anda maksud kadar air ya? Mungkin untuk penjelasannya yaitu “Kenapa Petir lebih sering terjadi di musim penghujan? Karena pada saat musim penghujan, udara mengandung lebih banyak kadar air yang tinggi, yang mengakibatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih gampang melewati.” Demikian terima kasih…

      • labib says:

        Bermanfaat sekali, pak!
        Saya ingin bertanya, apa hubungannya petir dgn alat komunikasi (handphone, tab, saat menggunakan sosial networking) sehingga banyak korban tersambar karna menggunakan alat komunikasi itu? Bisa jelaskan? Terimakasih. :)

        • Ipan says:

          Ponsel atau tablet adalah alat komunikasi yang ketika aktif akan berusaha mencari atau menangkap sinyal-sinyal komunikasi berupa gelombang medan elektromagnetik. Dan antena sendiri juga berbahan dasar konduktor. Di dalam antena tersebut elektron-elektron bergerak menghasilkan gelombang medan listrik-magnet. Medan listrik yang terdapat di sekitar ponsel dapat mempengaruhi gerak ion dan molekul udara, kondisi ini berpeluang besar untuk dilalui aliran listrik atau tersambar petir.

  4. anto says:

    mengapa awan hujan itu abu2 ya??

  5. putri says:

    Salam kenal Kak.
    Saya mau tanya :
    Bagaimana cara menghindari petir saat musim penghujan.
    Terima kasih.

    • Ipan says:

      - Jika melihat kilat atau mendengar gelegar guruh segeralah menuju bangunan atau mendekatlah ke mobil atau truk.

      - Jika berada diluar rumah hindari area terbuka, tempat ketinggian, berada di lokasi yang berair, dibawah pohon yang tinggi dan benda logam yang menjulang tinggi.

      - Jika tempat berlindung tidak ada, Anda harus jongkok tapi hindarkan tangan Anda menyentuh tanah dan jangan berbaring, karena akan memudahkan penyaluran tenaga petir ke tanah.

  6. fck says:

    oke pak.makasih..

  7. Andarias Rongan says:

    Saya punya ide baru tentang petir Pak. Tapi masih bersifat dugaan. Munculnya muatan positif dan negatif bukan dari gerekan awan tetapi karena pada awan ada air dan sedikit garam yang terlarut. Garam ini berada dalam bentuk kation dan anion, begitu juga air dalam bentuk H(+) dan OH(-). Akibat pergerakan awan karena tertiup angin, kation dan anion di dalamnya ikut bergerak. pergerakan kation dan anion ini akan mendapat gaya lorenz karena kation dan anion memotong garis garis medan magnet bumi. Gaya lorenz inilah yang mengumpulkan partikel kation bisa diatas, dibawah atau di salah satu sisi awan. Begitu juga dengan anion pada sisi lainnya. Bila Muatan sudah cukup besar, maka elektron pada anion dapat melompat ke posisi kation baik dalam satu gugusan awan yang sama ataupun ke kation gugusan awan lainnya. Lompatan elektron inilah yang terlihat seperti petir. Demikian Pak Saran saya. Trims.

  8. Bagas says:

    Mit maunaya pak, “kalau di daerah desa saya,kalau ada hujan beserta petirnya, kebiasaan orang-orang di kampung saya melemparkan benda benda semacam besi ke depan halaman rumahnya,seperti golok,pisau,celurit, pokoknya yang berbahan besi, dan apakah ada hubungan dengan masalah petir itu,,?

    • Ipan says:

      Hemmm, kalau menurut Anda sendiri bagaimana? Sudah pernah Anda bertanya kepada kebiasaan orang-orang tersebut di kampung Anda? Mungkin karena mitos/sugesti yang sudah terjadi secara turun-temurun di kampung Anda.

  9. fauzi says:

    artiekl yang menarik menambah wawasan dan pengetahuan…

  10. ucup says:

    pak mau nanya.
    di kampung saya kalau ada orang hajat/pesta sudah pasti turun hujan, kenapa bisa terjadi seperti itu?
    tolong penjelasannya.

    • Ipan says:

      Hemmm, kalau itu coba Anda tanya langsung ke tetangga Anda saja. Mungkin ada hubungannya dengan adat setempat. Karena ada juga yang pada setiap acara malah tidak turun hujan demi kelancaran acara tersebut.

  11. Gunawan says:

    Pak mau nanya, sebenarnya antara bunyi dan kilatan petir mana yang terjadi lebih dahulu. apakah bersamaan atau sama?? trims.

    • Ipan says:

      Kenapa terlihat cahaya dulu, baru kemudian terdengar suara? Ini terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya.

    • onelee8 says:

      kalau boleh saya mau membantu menjelaskan sedikit,
      suara pada kilat dihasilkan karena gesekan aliran listrik melalui medan udara.

      sebagai contoh

      anggap kecepatan rambat suara 1100 km/h,
      dan kecepatan cahaya 300.000 km/h
      kemudian jarak awan ke bumi 100 km
      maka ketika petir menyambar kebumi sejauh 100 km, petir hanya butuh waktu kurang dari 1 menit, sedangkan suara baru akan sampai 5 menit kemudian

      kalau kita lihat dari perhitungan diatas, jelas cahaya dulu yang sampai baru suara.

      untuk contoh lebih sederhana bisa dilihat ketika ada pesawat yang memasuki kecepatan suara, nantinya akan tercipta semacam perisai udara yang tertinggal dibelakang pesawat.

      hal tersebut dikarenakan udara lebih cepat daripada tekanan udara sekitarnya

  12. hartito says:

    anda jelaskan hubungan antara petir dengan bumi

    • Ipan says:

      Akan kami jawab pertanyaan Anda. Hubungan antara Petir dengan Bumi yaitu? Petir terjadi kerana adanya beda potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya muatan pada awan karena pergerakannya yang terus menerus secara teratur, dan selama pergerakan itu, awan akan berinteraksi dengan awan-awan lainnya sehingga menyebabkan muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi, dan muatan positif pada sisi satunya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif/elektron untuk mencapai keseimbangan. Pada proses ini, media yang dilalui elektron yaitu udara, dan pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah akan terjadi ledakan suara yang menggelegar yang kita sebut petir. Mungkin begitu penjelasannya…

  13. bonni e. says:

    Halo, salam kenal Pak. terima kasih info2 nya karena ini sangat berguna untuk saya.

    Sejujurnya, saya sangat takut terhadap petir, bahkan bisa dibilang ‘parno (paranoid/phobia). Secara psikologis saya merasa petir itu semacam ‘hukuman/kutukan’ dari Tuhan kepada penduduk2 bumi yang suka berbuat dosa. Sehingga, saya yang juga merasa sebagai manusia biasa merasa sangat takut karena mengaggap kalau ada petir artinya Tuhan sedang marah, dan saya tidak mau mati karena dihukum Tuhan.

    Lucunya, sedari kecil saya tinggal di Jakarta tetapi sudah hampir setahun setengah ini saya malah harus pindah kerja dan tinggal di Bogor yang notabene terkenal sebagai kota hujan, dan tak ayal lagi petir pun sangat sering terjadi bahkan cukup ekstrim dibanding petir di Jakarta. hiksss……

    Sebenarnya, sangat malu untuk cerita jujur macam ini.
    tapi mungkin ada orang2 lain di luar sana yang juga sama menderita seperti saya, heuheuu….

    (maap ya kalo saya numpang curhat, hehehehe…)

  14. fathir azikin says:

    ketika kita terkena petir kita hangus ,tetapi ada orang yang bisa selamat dari hantaman petir ,kenapa,ya?

    • Ipan says:

      Itu tergantung bentuk sambaran petir yang mengenai korban. Ada beberapa bentuk sambaran petir yaitu sambaran langsung, sambaran tak langsung, dan sambaran karena kontak potensial. Selain itu ada faktor X yang juga mempengaruhi korban meninggal atau tidaknya.

  15. iwan wijaya says:

    Pak, mau numpang tanya. Kenapa ada petir yg besar dan kecil?
    Kenapa pohon dapat tersambar petir?
    Apakah saat hujan, kita memegang benda besi, lebih mudah tersambar petir?
    Terima kasih

    • Ipan says:
        Kenapa ada petir besar dan kecil? Beberapa petir dapat dibedakan menurut tipe petir, yaitu Petir Awan ke Tanah (cloud-to-ground/CG), Petir dalam Awan (Intracloud/IC), Petir Antar Awan (Intercloud/CC), dan Petir Awan ke Udara (cloud-to-sky/CA). Pengaruh besar kecilnya petir tergantung menurut tipe-tipe tersebut, tipe-tipe berdasarkan besarnya muatan yang terkumpul.
        Kenapa pohon dapat tersambar petir? Tidak semua pohon tersambar petir, petir menyambar benda yang paling tinggi. Tetap disarankan jangan berlindung di bawah pohon karena pohon yang tersambar petir energinya akan lepas ke tanah dan bisa melompat ke tubuh manusia.
        Memegang benda besi lebih mudah tersambar petir? Ya, karena besi merupakan konduktor yang baik.
  16. Mulyono says:

    Trimakasi aku yang dulu nya ga tau asal mula petir, kini jadi tau, setelah aku baca artikel ini.

  17. anang irawan says:

    makasih infonya gan

  18. jefri says:

    bisakah energy petir kita manfaatkan untuk kehidupan sehari hari?adakah manfaat positif dari petir ?

    • Ipan says:

      Dari beberapa forum sudah banyak yang membahas tentang manfaat positif dari petir, mengingat petir merupakan sumber energi alam yang tidak ada habisnya. Mungkin pihak-pihak seperti PLN dan lain sebagainya kedepan bisa memanfaatkan energi petir menjadi energi listrik untuk dapat mencukupi kebutuhan listrik di Indonesia.

  19. andy says:

    Di postingan sebelumnya disebutkan terjadinya petir Itu ada hubungan antara awan, udara dan air hujan.
    Pertanyaannya hujan blm turun tapi bunyi petirnya udah bergemuruh ? Tolong di jelaskan pak, tks

  20. LEVI says:

    MHON COPAS YA MBAK

  21. Abdul jalil sadana says:

    Assalamu’alaikum
    pak, saya mau bertanya.
    kenapa pohon yang tinggi bisa tersambar petir, sedangkan kayu kan isolator?

  22. anggiant magma says:

    tolong jelasin secara singkatnya donk
    kenapa petir bisa terjadi.??

  23. shaleh dom says:

    terimakasih atas penjelasannya..

  24. Sri Rahayu says:

    Mau tanya oak, bagaimana orang bisa tersambar petir? tlong pak jelaskan sesuai dengan fisikanya, karena untuk tugas listrik magnet.

  25. pak mau tanya dong,
    knapa Jika melihat kilat atau mendengar gelegar guruh kita harus segera mendekati mobil atau truk ? sedangkan yang kita tau bagian mobil atau truk itu bersifat konduktor ?

  26. ilham says:

    salam.., saya mau ulangi pertanyaan dari teman kita andy yg gk sempat di jawab oleh bpk.. kenapa sebelum hujan juga ada terjadi gemuruh dn petir..?

    • admin says:

      Maap sebelumnya… Meskipun belum turun hujan atau tidak hujan sekalipun, jika awan-awan tersebut bertabrakan seperti yg dijelaskan di atas, akan menimbulkan terjadinya guruh/petir. Terima kasih.

  27. Jangga wana says:

    sampai sekarang belum ada yang sanggup membuat pembangkit listrik tenaga petir

  28. Arman says:

    Kenapa pesawat terbang tidik bisa kena petir… Tolong penjelasannya..
    , mksih

    • admin says:

      Kemungkinan pesawat tersambar petir selalu ada. Namun, pesawat dilengkapi dengan sistem Static Discharge (SD) yang biasanya berada di ujung sayap atau ekor pesawat. Hal ini membuat kemungkinan pesawat tersambar petir menjadi sangat kecil.
      Jika sistem Static Discharge rusak, kemungkinan pesawat dapat tersambar petir dan berakibat terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi pesawat.

  29. Gigih Wahyu K says:

    Jadi tahu deh proses terjadinya petir… hehehe
    thanks

  30. andris says:

    di daerah saya sering istilah taring halilintar. Yaitu benda padat (entah itu batu atau metal) yang selalu muncul ketika halilintar menyambar bumi. Ada yg mengatakan taring halilintar merupakan kapak manusia purba. Dlm sebuah film fiksi diceritakan bahwa taring halilintar terjadi akibat halilintar.(tentu saja cerita fiksi bukan sebuah referensi yg bisa di percaya. Teman” yg mengerti masalah ini tolong memberikan penjelasan.

    terima kasih.

  31. hilda says:

    numpang tanya.
    kemarin pas hujan deras saya sedang presentasi menggunakan laptop, waktu saya pegang laptop ada petir, dan ada cahaya yang datang dari jendela menyambar ke jari saya,rasanya sedikit panas.
    apa itu kilat? dan bagaimana bisa terjadi?
    terima kasih.

  32. nazrin says:

    saya ingin tahu adakah sonic boom yang dihasilkan oleh pesawat tempur apabila melebihi kelajuan bunyi sama seperti kejadian guruh dilangit dari segi jenis bunyi dan kelantangannya? Jika pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca tingkap bangunan kenapa pula guruh tidak langsung dapat memecahkan kaca walaupun jarak kilat sangat dekat dengan bangunan, seperti pertembungan kilat antara awan dengan tanah,sekian terima kasih.

  33. Neng cucu says:

    Saya mau nanya apa benar bentuk dari petir itu bundar seperti bola karena wkt itu prnah rumah sya trsambar petir dan gentengnya bolong sebesar bola tapi yg anehnya pas sudah kedalam rumah berubah menjadi lempengan batu kecil knpa bsa seperti itu tolong jelaskan trma kasih.

  34. dandi says:

    pak knapa petir dapat berbentuk seperti akar poh
    an………makacih

  35. Kennjunnior says:

    salam kenal gan. saya mau nanya nih, berapa volt kandungan listrik yg ada pada setiap sambaran petirnya ya gan?
    terima kasih sebelumnya

  36. […] alam ini terjadi pada waktu bersamaan dengan terjadinya petir. Meskipun sebenarnya terjadi secara bersamaan, namun cahaya kilat akan terlihat terlebih dahulu […]

  37. Tri siswanto says:

    Pak, adakah ukuran untuk daya tampung atau kekuatan isolasi udara tersebut untuk menahan tegangan (elektron) yang dibuang untuk keseimbangan tsb. Mohon penjelasannya. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>