Macam-Macam Smartphone Security

Ditulis tanggal 8 Januari 2016 dalam kategori Elektronik & Komputer

Anda tentu mengenal sistem security pada smartphone bukan, jika Anda menggunakan perangat Android, iOS, dan Windows Anda tentu harus membuat Pattern khusus agar bisa membuka perangkat ponsel pintar Anda bukan. Nah, pola atau Pattern tadi adalah salah satu sistem keamanan yang ada pada Android. Selain sistem Pattern tadi sebenarnya masih ada sistem keamanan lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi ponsel Anda. Tapi sebelum membahas tentang macam-macam Smartphone Security, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai Smartphone Security itu sendiri.

Pengertian Smartphone Security

Smartphone Security adalah salah satu sistem yang dibuat untuk melindungi privasi Anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis pengamanan yang dimiliki oleh smartphone Anda. Untuk beberapa kasus sistem ini sering digunakan sebagai pengunci layar ponsel dan pengunci file pribadi pada penyimpanan ponsel Anda.

Di era sekarang Smartphone Security mulai banyak digunakan karena dapat melindungi data, file, dan privasi pada ponsel Anda. Di App Store atau Google Play Anda juga bisa mendapatkan aplikasi untuk keamanan ponsel pintar Anda. tapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai aplikasi keamanan, melainkan macam-macam Smartphone Security itu sendiri. Penasaran bagaimana rupa dan jenis pengamanannya? Berikut kami berikan ulansannya.

Jenis Smartphone Security

Smartphone menggunakan beberapa sistem pengamanan sebagai berikut:

Finger Print

Sistem keamanan ini mulanya hanya digunakan untuk keperluan khusus seperti memasuki sebuah ruangan rahasia finger print Smartphone Securityatau membuka tempat rahasia. Tapi pelakangan sistem ini mulai dikembangkan untuk absensi kantor atau perusahaan. Hingga akhirnya sistem ini mulai digunakan untuk sistem keamanan pada smartphone.

Cara kerja sistem keamanan Finger Print pada smartphone hampir sama dengan perangkat lain yang menggunakan sistem serupa. Yaitu dengan mendeteksi sidik jari pemilik ponsel lalu jika cocok sistem keamanan tersebut akan terbuka sendiri dan jika tidak sistem itu akan seterusnya terkunci. Pelopor penggunaan sistem ini untuk smartphone adalah Apple, tapi belakangan mulai banyak produsen lain yang juga mengunakan sistem ini.

Eye scanner

eye scanner Smartphone SecurityEye Scanner adalah sebuah sistem yang menggunakan cara pemindaian mata. Sisten ini sebenernya tercetus sejak 1930, tapi saat itu karena beberapa sebab membuat sistem ini baru bisa digunakan sejak 1984. Hanya saja sistem ini digunakan untuk kepentingan tertentu dan kepentingan tersebut biasanya bersifat rahasia.

Untuk saat ini sistem Eye Scanner mulai digunakan oleh smartphone Samsung Galaxy S5. Samsung mengandalkan sistem ini karena dinilai lebih unggul jika dibandingkan Finger Print milik Apple. Cara kerja sistem pemindai mata ini adalah dengan cara memindai bentuk dan warna mata kita, setelah itu jika cocok maka secara tomatis sistem keamanan akan terbuka.

Pattern

patern-Smartphone-SecuritySistem keamanan dengan menggunakan Patern atau pola adalah sistem keamanan yang paling banyak digunakan. Karena dinilai lebih mudah dan praktis digunakan, Pattern menjadi pilihan keamanan untuk kalangan smartphone yang tidak memiliki sistem keamanan canggih seperti Eye Scanner dan semacamnya.

Cara kerja Pattern sebenarnya bisa dibilang sederhana. Kenapa? Karena Anda hanya perlu memasukan sebuah pola sederhana pada layar yang terkunci. Cara memasukan pola tersebut adalah dengan cara menyambungkan titik-titik pada layar untuk dibentuk menjadi pola, mudah bukan.

Selfie Photo

selfie Smartphone SecuritySistem ini adalah sebuah sistem yang mulai dikembangkan perusahaan Intel. Mereka menciptakan sistem ini agar hanya pengguna smartphone sajalah yang bisa membuka sistem keamanan ini, jadi lebih aman bukan.

Cara kerja sistem ini adalah dengan cara melakukan scanning wajah menggunakan kamera, jadi hanya sang pemiliklah yang mampu membuka sistem ini. Kenapa? Karena sistem ini hanya menggunakan wajah sang pemilik untuk membuka sistem keamanannya.