Smartphone Nokia Terbaru dengan Windows 8

Ditulis tanggal 6 September 2012 dalam kategori Elektronik & Komputer

Vendor Nokia mengumumkan 2 smartphone terbarunya dan yang pertama telah menanam sistem operasi Windows Phone 8, yaitu Nokia Lumia 920 dan Nokia Lumia 820. Mereka juga menjadi vendor kedua setelah Samsung yang memperkenalkan smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8.

Nokia Lumia 920

Smartphone tingkat tertinggi dari Nokia ini hadir dengan membawa beberapa fitur inovatif yang belum ditemukan di smartphone Nokia sebelumnya. Sebut saja layar LCD IPS PureMotion HD+ berukuran 4,5 inci dengan resolusi WXGA (720×1280 pixel).

Nokia mengklaim bahwa layarnya ini merupakan layar smartphone yang paling terang di dunia. Layar ini juga diklaim paling responsif dan paling sensitif terhadap sentuhan. Anda bahkan tetap dapat menggunakan sarung tangan dan layar akan tetap dapat mengenali sentuhan jari Anda dengan akurat.

nokia lumia 920Nokia Lumia 920 juga merupakan seri Lumia pertama yang menggunakan teknologi PureView. Hanya saja, teknologi PureView yang ditanamkan di sini berbeda dengan Nokia PureView 808 yang dilengkapi sensor 41 megapixel. Kamera Nokia Lumia 920 “cuma” memiliki resolusi 8,7 megapixel dengan teknologi PureView yang lebih mengarah pada optical image stabilisation (teknologi penyetabil gambar).

Nokia menerapkan teknologi floating lens (yang jika dibahasakan berarti lensa yang mengambang) untuk menghasilkan efek pengurangan getar yang lebih efektif dibandingkan dengan kebanyakan kamera digital.

Nokia juga menyebutkan bahwa Nokia Lumia 920 merupakan smartphone Nokia dengan kapasitas baterai terbesar (2000mAh). Menariknya, Nokia Lumia 920 sudah mendukung Qi wireless charging untuk pengisian baterai tanpa kabel yang aksesorisnya juga diperkenalkan secara bersamaan. Untuk penyimpanan data, Nokia Lumia 920 dilengkapi memori internal 32GB. Untuk warna, Nokia Lumia 920 akan hadir dalam casing polycarbonate dengan pilihan warna kuning, merah, abu-abu, putih dan hitam.

Nokia Lumia 820

Nokia Lumia 820 ini sepertinya akan menggantikan Nokia Lumia 800 sebagai smartphone seri menengah ke atas dari Nokia. Fisik bodynya cukup unik, karena dapat dengan mudah mengganti-ganti casing sesuka penggunanya. Bagi pengguna ponsel yang cukup senior, pasti masih ingat dengan Nokia 5110 yang cukup menghebohkan dengan pilihan casing yang cukup banyak.

nokia lumia 820Mungkin Nokia berharap akan dapat mengulang kejayaan ponsel yang diluncurkan tahun 1998 tersebut. Nokia Lumia 820 nantinya akan hadir dalam pilihan warna merah, kuning, biru muda, abu-abu, ungu, putih dan hitam.

Untuk performanya, ponsel ini jelas dapat diandalkan. Bahkan Nokia Lumia 820 menggunakan prosesor Snapdragon S4 Dual-Core berkecepatan 1,5GHz yang juga digunakan oleh Nokia Lumia 920. Fitur lain yang ditemukan di keduanya adalah fitur wireless charging (melalui cover) serta RAM 1GB.

Layar berukuran 4,3 inci milik Nokia Lumia 820 menggunakan teknologi OLED ClearBlack dengan resolusi WVGA (800×480 pixel). Kelebihannya, layar ini akan lebih jelas terbaca di bawah terang sinar matahari. Nokia memasukkan kamera 8MP dengan lensa Carl Zeiss, 2 lampu flash LED dan kemampuan merekam video Full HD 1080p.

Untuk memori internal terbatas hanya 8GB, tetapi bisa diperbesar dengan menambahkan microSD. Menariknya, fitur memory card tambahan ini malah tidak ditemukan di Nokia Lumia 920.

Sampai berita ini dipublikasikan di IlmuPengetahuan.org, Nokia belum resmi merilis harga Nokia lUmia 920 dan Nokia Lumia 820 ini.