Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, Handsfree, dan Backbone

Ditulis tanggal 30 Juni 2016 dalam kategori Elektronik & Komputer

Dijaman sekarang siapa yang tidak tahu akan perangkat aksesories alat komunikasi ini. Hampir setiap pembelian sebuah handphone pasti ada tambahan perangkat ini dikarenakan memudahkan pengguna handphone dalam melakukan pembicaraan. Selain itu perangkat ini berguna untuk mendengarkan atau menikmati musik dari Smartphone.

Headphone
Headphone merupakan perangkat audio. Dari segi desainnya, Headphone mempunyai dua buah speaker yang didesain menutupi semua bagian dari telinga. Hal ini dimaksudkan agar suara yang dihasilkan bisa terdengar secara maksimal, dan dua buah spaeaker tadi dihubungkan oleh bando yang melinkar diatas kepala.Dijaman sekarang Headphone sedang booming kembali dan hadir dalam pilihan bentuk dan warna yang menarik.

perangkat headphone

Headset
Dari segi desain hampir menyerupai headphone, akan tetapi Headset mempunyai perangkat input/microphone yang biasanya terletak disebelah kanan. Headset lebih banyak dipergunakan dalam perangkat PC, dan dari segi konektor Headset mempunyai 2 buah jack yang dihubungkan dengan PC. Satu untuk microphone dan satu untuk output speaker. Biasanya Headset digunakan untuk video call, skype, video chat, conference dll.

perangkat-headset

 

Earphone
Perangkat ini sebenarnya berfungsi hampir sama dengan Headphone, hanya saja berbeda dari segi ukuran. Earphone mempunyai desain yang kecil dan ringkas hanya berupa bulatan speaker kecil. Karena perangkat desain yang ringkas membuat Earphpne ini mudah dibawa ataupun dimasukan kedalam kantong, penggunaannya yang mudah dengan cukup memasukan speaker kedalam telinga bagian luar membuat earphone ini dapat digunakan saat santai ataupun dengan posisi tiduran. Biasanya perangkat ini disertakan dalam pembelian perangkat musik ataupun video portable.

perangkat earphone

Handsfree
Handsfree seperti halnya dengan Earphone, hanya dengan tambahan perangkat tertentu seperti microphone dan sebuah atau lebih tombol fungsi. Biasanya berada di persimpangan kabel speaker perangkat tombol fungsi ditempatkan. Tombol tersebut bagi yang tidak tahu hanya untuk menerima atau memutus suatu percakapan di telepon, tetapi tombol tersebut mempunyai funsi yang lain sesuai dengan fasilitas handphone yang antara lain bisa ial beberapa nomor panggilan terakhir, memainkan atau menghentikan pemutar media, dan beberapa tipe tertentu menyediakan tombol audio seperti play, pause, next, prev dan stop. Dari segi koneksi, Handsfree menggunakan kabel ataupun bluetooth. Biasanya perangkat ini disertakan dalam pembelian perangkat seperti smartphone ataupun tablet.

perangkat handsfree

Backphone
Backphone sebenarnya mempunyai desain seperti Headphone, tetapi perangkat ini mempunyai desain yang dipasangkan dikepal bagian belakang serta speaker dikaitkan di telinga. Istilah Backphone jarang sekali digunakan karena memenag bentuk desain yang menyerupai pernagkat Headphone.

perangkat-backphone