Passfort: Alat Anti Lupa Password

Ditulis tanggal 16 Oktober 2015 dalam kategori Internet & Komunikasi dengan label

Password adalah salah satu bagian dari teknologi modern yang tentu seringkali membuat kita bingung dan terkadang melupakannya. Terlebih, jika kita sering mengganti-ganti password , atau memiliki password lebih dari satu. Mungkin saja sebagian dari anda menggunakan berbagai password untuk setiap akun media sosial yang berbeda, dengan password yang berbeda, kemudian anda juga memiliki password yang berbeda untuk email, Paypall, Bitcoin, dan bahkan untuk smartphone dan gadget anda yang lainnya.

Passfort, All in One Password Gadget!

Untuk memudahkan kita agar tidak perlu repot-repot mengingat password internet satu-persatu, sebuah perusahaan bernama Xolutronik mencoba menawarkan kita sebuah teknologi yang disebut Passfort. Teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan hal sederhana dengan menyimpan semua password di dalam sebuah gadget kecil yang bisa dijadikan sebagai gantungan kunci dan bisa dibawa kemana-mana dengan aman.

Passfort mampu menyimpan hingga 128 password yang berbeda. Bahkan untuk aplikasi yang sama, misalnya anda memiliki Twitter untuk bisnis, Twitter personal, dan Twitter untuk perusahaan dengan 3 ID dan password berbeda, Passfort tetap bisa menghandelnya.

Cara Kerja Passfort

  1. penggunaan passfortPertama anda harus membuat sebuah master-key di Passfort menggunakan icon, atau teks, atau bisa juga menggunakan simbol. Master-key berfungsi untuk membuka Passfort.
  2. Kemudian, anda bisa memasukkan semua sandi atau password yang anda miliki kedalam Passfort, seperti, Facebook, Twitter, Path, Google Mail, Yahoo Mail, gadget seperti smartphone, komputer, dan lain-lain. Anda harus melakukannya dengan menggunakan aplikasi sync. Passfort bisa menerima sekitar 128 password yang berbeda.
  3. Selanjutnya, Anda juga bisa membuat backup yang terenkripsi, sehingga apabila penyimpanan hilang anda tidak perlu memasukkan sandi satu-persatu lagi.
  4. Apabila anda membutuhkan password, anda hanya perlu mentransfernya melalui bluetooth atau USB. Baik yang menggunakan sistem operasi Windows, Mac, Linux, semua gadget yang menggunakan sistem operasi iOS dan Android juga bisa dibuka menggunakan Passfort dengan satu sentuhan.

Dengan gadget kecil ini, anda tidak perlu lagi memikirkan dan meng-input password setiap kali anda membutuhkannya. Karena sekarang anda hanya tinggal memasukkan 1 password. Kemudian hanya dengan menyentuh sebuah ikon anda sudah bisa masuk tanpa harus menuliskan ID dan password lagi.

Desain Passfort

  • Passfort berukuran cukup kecil, sekitar 3,6 cm yang menggunakan display full touchscreen dan terdapat sebuah tombol fisik untuk on/off.
  • Beratnya hanya 20 gram.
  • Menggunakan teknologi bluetooth 4.0 dan USB 2.0.
  • Baterainya bisa bertahan lebih dari 7 hari.
  • Bisa digunakan untuk hampir semua perangkat. Baik itu laptop, tablet, dan smartphone. Serta mendukung hampir semua sistem operasi mulai dari iOS, Macintosh, Windows, Android, dan bahkan Linux sekalipun.
  • Harga Passfort saat ini sekitar $49 .
  • Beberapa aplikasi saingan Passfort diantaranya adalah Dashlane, 1Password dan Lastpass.

Penasaran bagaimana cara kerja alat ini? Simak video berikut ini: