Jenis-jenis Tanah

Ditulis tanggal 15 April 2015 dalam kategori Alam & Lingkungan dengan label

Bumi yang kita pijak, selain terdiri dari lautan, juga terdiri dari daratan. Daratan kita tertutup oleh jutaan luas tanah. Tanah adalah bebatuan yang hancur menjadi butiran-butiran oleh kekuatan alam termasuk reaksi-reaksi kimia, air dan angin. Tanah secara garis besar terdiri atas tiga bagian : tanah itu sendiri, dan cairan serta udara yang terdapat diantara partikel-partikel tanah tersebut.

Ada beberapa jenis tanah antara lain :

Tanah liat

tanah liatTanah liat adalah tanah yang partikel-partikel nya sangat kecil. Yang berarti hampir tidak mungkin bagi air untuk mengalir. Karena itu, tanah liat tidak cocok untuk menanam tanaman, karena akar tanaman tidak bisa menembus lapisan tanahnya. Tanah liat secara garis besar berumur lebih tua daripada tanah pasir, karena butuh waktu lebih lama untuk hancur menjadi tanah liat.

Jenis tanah berbutir-butir

tanah berbutirTanah berbutir-butir adalah salah satu jenis tanah yang paling subur, karena kaya nutrisi dan berdrainase baik. Tanah berbutir-butir berukuran lebih kecil daripada tanah pasir, walaupun mempunyai komposisi yang sama, dan dengan tambahan nutrisi dan banyak mineral. Tanah berbutir-butir ini berwarna gelap, dan beraroma khas, sangat baik untuk menanam hampir semua jenis tanaman.

Tanah campuran

tanah campuranTanah campuran sebenarnya adalah campuan dari beberapa jenis tanah, antara lain tanah berbutir-butir, tanah pasir, dan tanah liat. Tanah campuran bisa menyimpan air dengan baik berkat tanah pasirnya, dan tanah ini mempunyai drainase yang baik sehingga air bisa mengalir tapi tidak menggenang, dan tidak membusukkan akar tanaman, dan selain itu tanah ini adalah tanah yang kaya nutrisi. Jenis tanah ini baik untuk menanam tanaman.

Tanah berkapur

tanah kapurTanah kapur adalah tanah yang mengandung kapur. Tanah berkapur mengandung batu-batuan dalam berbagai ukuran. Tanah berkapur bersifat alkali dan menghalangi akar tanaman untuk menyerap nutrisi dari tanah, dan menguapkan air sangat cepat sehingga tidak baik untuk menanam tumbuhan.

Tanah humus

Tanah humus adalah tanah yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang mati dan mengandung banyak bahan-bahan organik. Banyaknya unsur organik yg terkandung didalam tumbuhan-tumbuhan mati tersebut, menjadikan tanah humus tanah yg tidak bisa terurai dengan sempurna karena tingginya kadar asam di dalam tanah.