Irit Baterai Smartphone dengan Nikola Labs Case

Ditulis tanggal 20 November 2015 dalam kategori Elektronik & Komputer dengan label

Perangkat smartphone memang sudah berkembang sedikian pesatnya. Ponsel pintar ini telah menjelma sebagai kebutuhan publik baik untuk keperluan bekerja, hiburan, dan sebagainya. Anda tentu tidak asing dengan istilah sistem Android, iOS dan Windows. Ya, ketiganya adalah sistem yang terdapat pada ponsel pintar Anda, dan ketiganya juga bisa menyebabkan ponsel Anda menjadi boros dan cepat kehabisan daya.

Borosnya baterai smartphone diakibatkan karena ponsel Anda selalu mengaktifkan aplikasi di dalamnya. Aplikasi tersebut bisa berupa aplikasi media sosial, hiburan, mau pun aplikasi lain, tapi tahukah Anda sebenarnya baterai Anda dibuat irit? Caranya adalah dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi pada ponsel Anda, mudah bukan. Tapi adakah cara lain selain menonaktifkan aplikasi di ponsel kita? Cara lainnya adalah dengan menggunakan teknologi dari Nikola Labs.

Nikola Labs perkenalkan Case yang bisa charging otomatistampilan nikola labs case

Di ajang TechCrunch Disrupt yang diadakan di New York Nikola Labs memperkenalkan sebuah case yang mampu mengisi daya baterai. Case tersebut dibuat untuk iPhone 6, tapi uniknya case ini dapat mengisi daya baterai dengan memanfaatkan gelombang radio.

Case ini dapat Anda dapatkan di Kickstarter dengan harga US$99. Anda juga bisa langsung memesan perangkat ini mulai bulan September 2015. Lalu bagaimana dengan cara kerja dari perangkat ini?

Cara kerja Nikola Labs Case

Untuk melakukan charging case ini harus memungut energi gelombang radio di sekitarnya dan mengubahnya menjadi daya yang bisa dipakai. Lalu bagaimanakah cara case ini memungut gelombang ? Berikut penjelasannya.

Case ini memiliki 2 buah teknologi yang dikembangkan oleh Ohio Stat University, Amerika. Teknologi itu adalah:

perbandingan nikola labs caseAntena
Alat ini bertugas untuk memungut energi gelombang radio yang berada di sekitar ponsel Anda. Gelombang tersebut mencakup energi dari gelombang Bluetooth, Wi-Fi dan juga frekuensi LTE.

Konverter RF-DC
Konverter ini berfungsi sebagai pengubah energi gelombang radio menjadi arus listrik DC. Arus DC inilah yang nantinya bisa digunakan oleh iPhone 6 Anda.

Kelebihan dari Nikola Labs Case

Setiap produk baik elektronik maupun yang lainnya pasti memiliki kelebihan. Tak terkecuali dengan produk yang satu ini yang memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Lebih hemat energi karena bisa mendapat daya dari casse itu sendiri.
  2. Desainnya keren dan cantik.
  3. Dibuat dari bahan yang kuat.

Tapi sayangnya perangkat ini memiliki satu kelemahan. Kelemahan itu berupa lamanya charging yang harus dilakukan, tapi walaupun chargingnya lama Anda bisa melakukannya secara continue. Walaupun demikian, Nikola Labs berusaha untuk membuat produk yang lebih baik dan lebih sempurna lagi.

Selain untuk iPhone 6 perangkat ini juga menciptakan varian untuk Samsung Galaxy S6, jadi bagi Anda yang memiliki smartphone Samsung ini Anda juga bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan oleh Nikola Labs Case ini.