Terjadinya dan Mitos Gerhana Matahari

Ditulis tanggal 4 Maret 2016 dalam kategori Alam & Lingkungan, Astronomi

Fenomena Gerhana Matahari menjadi fenomena alam yang ditunggu-tunggu bagi sebagian umat manusia. Tumbuh banyak kepercayaan tentang gerhana matahari yang disangkut pautkan oleh berbagai mitos-mitos jaman dahulu. Tetapi apakah anda tahu apa yang menyebabkan terjadinya gerhana matahari?

Berikut adalah penjelasan singkat tentang Gerhana Matahari. Pada dasarnya terjadi ketika Matahari-Bulan dan Bumi dalam posisi yang sejajar. Pada saat Bulan berada diantara Matahari dan Bumi, bayangan bulan akan jatuh di permukaan bumi atau sinar matahari terhalang langsung oleh bulan. Hanya area tertentu yang akan dilewati oleh bayangan tersebut yang dinamakan gerhana.

gerhana matahari totalGerhana Matahari sendiri terdiri dari 4 jenis yaitu : Gerhana Matahari Total, Sebagian, Cincin dan hibryd. Gerhana matahari total terjadi saat piringan bumi bisa menutup seluruh piringan matahari. Hal ini mengakibatkan Bulan tampak lebih besar dari matahari sehingga menghalangi sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi.

Waktu maksimum terjadinya totalitas atau gelap sempurna ketika cahaya Matahari tertutup oleh Bulan adalah 7 menit 31 detik, namun pada umumnya totalitas terjadi lebih pendek dari waktu tersebut. Fenomena gerhana matahari bukanlah fenomena yang menakutkan, gerhana matahari merupakan fenomena yang luar biasa untuk dinikmati. Menurut Thomas Djamaluddin kepala Lapan pada saat gerhana total, cara melihat paling bagus adalah tanpa filter atau kacamata.

“Asal berhati-hati. Yang paling riskan adalah peralihan fase total ke fase sebagian, saat Bulan mulai bergeser, cahaya matahari yang walau baru muncul sedikit sudah sangat kuat. Padahal, pupil mata kita sedang membesar,” jelas Thomas yang mengingatkan agar tidak terlalu asyik melihat fenomena tersebut karena dapat merusak retina, seperti dikutip dari liputan6.com.

Selain apa yang menyebabkan terjadinya Gerhana Matahari juga ada cerita-cerita mitos dari berbagai negara di bumi ini :

  1. Di Vietnam , penduduknya percaya bahwa gerhana matahari disebabkan oleh seekor katak raksasa yang menelan matahari dan menyebabkan bumi menjadi gelap.
  2. Di Tiongkok mempunyai cerita mitos yang sama. Akan tetapi bukan seekor katak, melainkan seekor naga.gerhana matahari dewa ranu
  3. Kepercayaan umat Hindu gerhana matahari disebabkan oleh seorang dewa yang bernama Rahu yang terbang dan memakan matahari.
  4. Suku Pomo yang berada di Barat Laut Amerika Serikat mempunyai kepercayaan bahwa ada seekor beruang raksasa yang sedang marah dan memakan matahari. Menurut mereka tidak hanya saat gerhana matahari saja tetapi juga saat gerhana bulan.
  5. Rakyat Yunanai Kuno dan Suku Tewa di Meksiko memiliki kepercayaan yang sama tentang gerhana matahari. Mereka percaya bahwa gerhana matahari disebabkan oleh kemarahan Dewa Matahari dan pergi kembali ke neraka. Mereka percaya bahwa gerhana matahari membwa keburukan, bencana dan hal tidak baik. Karena itu mereka tidak keluar rumah disaat gerhana matahari berlangsung.
  6. Dari cerita rakyat Inuit. Gerhana matahari terjadi karena perseturuan dari dua dewi yang bernama Malina sebagai Dewi Matahari dan Annigan sebagai Dewi Bulan. Mereka juga tidak keluar rumah selama gerhana berlangsung.
  7. Di Korea mempunyai kepercayaan tentang Anjing Mistis yang ajaib. Saking Ajibnya anjing tersebut bisa memakan dan mengambil matahari. Namun mereka percaya bahwa anjing tersebut akan mengembalikan matahari pada tempatnya lagi.

 

Itulah beberapa cerita mitos tentang gerhana matahari. Mana yang menurut anda yang paling menarik.