“Daun Anorganik Buatan” Masa Depan Penghasil Hidrogen

Ditulis tanggal 30 Mei 2013 dalam kategori Listrik & Energi

Sejauh ini, dalam dunia Ilmu Pengetahuan, tidak ada sistem energi yang berkelanjutan yang cukup sempurna seperti tanaman. Tanaman bisa menghasilkan energi sendiri hanya dengan bantuan sinar matahari dan air (dalam proses fotosintesis).

Selama bertahun-tahun para ilmuwan telah mencoba untuk meniru proses fotosintesis pada tanaman untuk bisa menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk orang-orang, tetapi kenyataannya sangatlah sulit. Di Negara Cina, terdapat penelitian yang fokus pada hal tersebut di atas dengan prototipe blueprint yang diberi nama “Artificial Inorganic Leaf” (AIL) atau Daun Anorganik Buatan.

Daun Penghasil Hidrogen

AIL ini nantinya dapat menghasilkan bahan bakar hidrogen hanya dengan menggunakan bantuan sinar matahari dan air, persis seperti proses fotosintesis pada tanaman. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap desain yang sangat awal, jika prototipe ini dapat bekerja, terciptanya metode efektif untuk produksi bahan bakar hidrogen sangat terjangkau.

Anemone vitifolia penghasil hidrogen - Ilmu PengetahuanPara ilmuwan dari Universitas Jiaotong, Shanghai, Cina ini merancang blueprint AIL menggunakan biomikri. Dengan menggunakan teknik spektroskopi untuk mempelajari daun Anemone Vitifolia, para ilmuwan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana daun bekerja dalam proses ini. Ditambah lagi, para ilmuwan akan belajar lebih banyak tentang makro dan mikro dari fotokatalis pada tanaman. Dengan infiltrasi daun titanium dioksida (fotokatalis) dan platinum, para ilmuwan percaya bahwa desain untuk AIL berfungsi dengan benar.

Membuat bahan bakar hidrogen, berarti memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen (elektrolisis). Sebelumnya para ilmuwan sudah dapat melakukan proses ini, tetapi pembuatan bahan bakar hidrogen sangatlah mahal, sehingga tidak akan benar-benar efektif untuk menggantikan sumber energi yang sudah ada, tetapi dengan menggunakan bantuan sinar matahari (dalam konsep prototipe AIL), ke depannya para ilmuwan dapat menciptakan cara murah untuk menghasilkan bahan bakar hidrogen.

Selain menggantikan sumber energi yang sudah ada seperti bensin, solar dan sebagainya yang menghasilkan gas emisi, transportasi bertenaga hidrogen sangatlah ramah lingkungan karena yang dikeluarkan hanyalah uap air. Semoga para ilmuwan berhasil menciptakan bahan bakar hidrogen dari “Daun Buatan” ini.